Senin, 06 April 2015

ReviewPertemuan 1 Psikologi Industri organisasi

 Pada pertemuan pertama ini cukup membuka mata saya sebagai salah seorang mahasiswa yang nantinya akan menghadapi kenyataan Industri di massa mendatang yang tentunya akan lebih sulit dari masa-masa sebelumnya ataupun masa sekarang, pembekalan mengenai Psikologi industri dan organisasi cukup penting karena nantinya aspek-aspek yang kita pelajari di dalamnya akan kita rasakan langsung dalam dunia kerja, hal ini sedikit banyak sudah pernah dirasakan oleh mahasiswa reguler khusus seperti saya yang berprofesi sebagai mahasiswi juga sebagai seorang pekerja.

Psikologi industri dan organisasi perannya cukup penting dan dibutuhkan dalam menilai seorang pekerja oleh sebuah perusahaan, karena psikologi yang berhubungan dengan kejiwaan dan jiwa sosial dari seorang pekerja, pada pertemuan ini juga di bahas mengenai keadaan industri mendatang, dimana akan lebih sulit dihadapi oleh orang-orang yang baru akan terjun ke dunia industri di masa mendatang, dimana harus diciptakan industri yang tanggap akan peluang bisnis yang dibutuhkan oleh masyarakat pada keadaan masa itu.

Sebagai mahasiswa kita harus tanggap pada keadaan industri di masa mendatang,  karena industri tersebutlah yang akan kita terjuni setelah mendapat gelar sarjana dari perguruan tinggi. Untuk itu pembekalan mengenai bisnis di masa mendatang cukup penting bagi para mahasiswa dimana mindset mahasiswa harus sedikit dirubah dari mencari lapangan pekerjaan menjadi menciptakan lapangan pekerjaan untuk lulusan sarjana lain atau orang lain dengan tingkat pendidikan dibawah sarjana.

Berbicara mengenai Industri di masa mendatang maka tidak terlepas dari potret buram mengenai pengelolaan SDM di negara kita ini, seperti artikel yang sudah saya cantumkan pada blog saya ini maka dapat ditarik kesimpulan hal-hal apa saja yang menjadi ganjalan dalam upaya pemerintahan dalam mengelola sumber daya manusia, jangan sampai negri kita yang kaya akan sumber daya ini menjadi miskin hanya karena kurang cerdas dalam hal pengelolaannya, hal inilah juga yang menjadi tugas mahasiswa seperti kita yang harus ikut perduli pada hal-hal yang bersifat membangun negara ini.

terlepas dari potret buram bangsa ini dalam mengelola sumber dayanya maka akan bersambung pada banyaknya pengangguran di masa mendtang jika tidak segera ditemukan titik terang dalam pengelolaan sumber daya manusia, dimana keadaan sekarang ini adalah, manusia semakin bertambah, penduduk bertambah, sarjana bertambah, tetapi lapangan pekerjaan tetap atau bahkan berkurang, hal inilah yang menjadi penyebab utama masalah pengangguran. yang jika tidak segeera dibenahi akan berdampak serius pada proses pembangunan negara ini, oleh karena itu penting sekali pembekalan yang diberikan kepada para pelajar jangan hanya teoritikal saja tetapi pembekalan yang memupuk para pelajar agar menciptakan sesuatu yang dapat dijadikan sebagai industri kreatif di masa mendatang, hal ini juga menjadi pr bagi para pelajar atau mahasiswa agar tidak terpaku pada pembelajaran di kelas yang sifatnya teoritikal tetapi berusaha untuk menciptakan atau menemukan sesuatu. manarik benang merah dari permasalahan banyaknya mengangguran di masa mendatang jika potret buram mengenai pengelolaan SDM tidak segera dibenahi maka hal ini tidak bisa dipisahkan dari kegagalan sistem pembelajaran di negara ini, hal inilah yang membedakan lulusan pelajar atau mahasiswa di luar negri dan negri kita karena adalah sistem pembelajarannya.

saya sendiri belum bisa menilai secara subjektif karena saya belum pernah mengenyam pendidikan di luar negri, tetapi kalau mendengar cerita dari teman ata artikel berita mengenai pesatnya penelitian dan penemuan di sekolah-sekolah di luar negri sana tentulah itu berawal dan berdasar dari sistem pembelajarannya dan tentu saja jikalau dibandingkan dengan negara-negara di eropa sana sistem pembelajaran kita sudah tertinggal cukup jauh, yang akibatnya lulusan yang dihasilkan pun berbeda keunggulannya. tetapi terlepas dari itu saya sebagai salah satu pelajar, mahasiswi dan juga penduduk di bangsa ini sangatlah percaya dan optimis bahwa bangsa kita mampu untuk mengejar ketertinggalannya, sebagai buktinya banyak pelajar dan mahasiswa kita yang mampu serta dihargai untuk mengikuti sistem pembelajaran disana. semoga keoptimisan saya juga bisa membawa saya kesana suatu hari nanti. amin. kembali lagi membicarakan industri di masa mendatang khususnya di negara kita, maka tidak terlepas dari fenomena fenomena pajak yang juga menjadi salah satu momok di negara kita tecinta.

seperti salah satu artikel yang juga saya cantumkan di bliog saya ini sangatlah miris memang jika kita membahas permasalahan perpajakan di negara kita ini, memang masih sungguh jauh dari kata patuh, tertib, adil dan bermanfaat, dimana masih banyak penduduk yang tidak taat pajak, tetapi hal ini tidak bisa disalahkan juga karena memang kesalahan terjadi bukan hanya karena petidakpatuhan penduduk dalam mebayar pajak namun juga para aparat pajak yang tidak menggunakan wewenangnya secara bijaksana, hal inilah juga yang bisa menjadi dasar ketidakpatuhan penduduk dalam menaati pajaknya. semoga saja para muda-mudi seperti kita ini natinya bisa membenahi permasalahan tersebut bukan malah memperkeruh dengan menuntut  macam-macam atau malah ikut menmikmati penyalahgunaan kewenangan yang kita miliki ketika sudah duduk menjadi salah satu aparat yang berwenang dalam mengurus pajak.

case closed mengenai masalah pajak kita kembali membahas mengenai industri kreatif yang berpeluang bisnis di masa sekarang ini, dimana menciptakan industri yang tidak ada menjadi ada, yang tidak dibutuhkan menjadi dibutuhkan, kita sebagai orang yang terjun dalam dunia industri harus tanggap akan peluang bisnis yang dibutuhkan konsumen. dan tanggap akan fenomena yang sedang ramai diperbincangkan di masyarakat, selain itu kita juga harus kreatif dalam memadumadankan kreativitas, yang kiranya dapat mendatangkan keuntungan ataupun banyak digandrungi konsumen.

Seperti fenomena batu akik yang banyak dan ramai di perbincangkan saat ini dan digandrungi dari kalangan remaja maupun orang tua, atau seperti dalam bidang kuliner, menciptakan jajanan-jajanan baru  yang sebenarnya asalnya sudah lama adanya tapi di kemas menajdi lebih menarik seperti salah satu contohnya adalah  jajanan kue cubit dengan rasa-rasa seperti greentea, red velvet, yang banyak digandrungi remaja saat ini, bahkan dari yang hanya jajanan pasar dan pinggir jalan kini kue cubit sudah memasuki cafe-cafe atau kedai di mall mall besar karena peminatnya yang cukup banyak terutama dari kalangan remaja. atau makanan khas bandung sperti seblak basah, dan kripik pedas dengan berbagai level yang sebenarnya awalnya terbentuk dari kreativitas sang penjualnya namun menjadi jajanan yang dicari dan diminati banyak orang. Inilah tugas kita sebagai mahasiswa yang akan terjun ke dunia industri untuk menciptakan industri-industri kreatif yang lebih kreatif dan lebih menarik lagi dari contoh-contoh diatas. sehingga banyak timbul lapangan pekerjaan baru, masalah pengangguran bisa perlahan diatasi, sistem pembelajaran juga dibenahi, dan birokrasi di negeri ini juga diperbaiki.

semoga negara kita cepat menyusul maju pesatnya negara-negara di asia timur seperti jepang, korea ataupun Tiongkok, dimana negara kita tidak kalah bahkan lebih kaya sumber daya alamnya atau korea yang sekarang sedang berkembang pesat akibat banyaknya anak muda yang mewarnai industri hiburan di korea bahkan hingga dunia internasional dan juga anak-anak muda yag kreatif dalam pengembangan gadgetnya bahkan hingga bisa mengalahkan jepang dengan gadget android samsungnya, negara kitapun banyak memiliki anak-anak muda dan tidak kalah kreatifnya, semoga kita bisa mencontoh apa yang baik untuk di contoh dari negara-negara yang sedang mengalami kemajuan pesat saat ini. dan semoga dengan pembekalan pada mata kuliah psikologi industri dan organisasi ini kita para mahasiswa benar-benar dapat menerapkannya dalam dunia kerja yang kita jalani saat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar