Analisis
Jabatan adalah suatu prosedur pengumpulan data dan analisis data yang terdefinisi
lewat mana diperoleh informasi mengenai job description dan job specification (Jewell & Siegall, 1998)
Tahap
Persiapan :
- melakukan analisis jabatan, Analisis jabatan dilakukan oleh peneliti
- Menentukan informasi yang akan dikumpulkan, Informasi yang dikumpulkan adalah informasi mengenai pekerjaan, hasil kerja, kondisi fisik, persyaratan kerja.
- Menentukan sumber informasi, Sumber informasi antara lain pemangku
jabatan, atasan, rekan kerja
1.Pengumpulan data untuk jabatan foreman
2. Pengumpulan data untuk
jabatan administrasi keuangan
(Pengumpulan data menggunakan
metode wawancara dan observasi)
DESKRIPSI
JABATAN
Deskripsi Jabatan adalah
suatu pernyataan faktual dari tugas-tugas, tanggung jawab, dan kondisi kerja
dari suatu pekerjaan tertentu (Jewell & Siegall, 1998)
Penyusunan Deskripsi Jabatan :
§Identifikasi Informasi
Identifikasi informasi terdiri atas butir-butir antara lain: nama
perusahaan, judul pekerjaan departemen atau divisi, nama analis pekerjaan,
serta tanggal laporan
§Uraian Pekerjaan
Uraian pekerjaan mencakup, antara lain: tugas dan tanggung jawab,
kondisi kerja, penyeliaan yang diberikan, hubungan kerja, alat dan bahan
SPESIFIKASI
JABATAN Spesifikasi
jabatan adalah suatu pernyataan dari karakteristik karyawan yang diperlukan
untuk melakukan tugas-tugas yang ditentukan dalam suatu deskripsi kerja (Jewell dan Siegall,1998)
Penyusunan
Spesifikasi Jabatan
- Spesifikasi jabatan yang disusun berisi antara lain pendidikan, usia, jenis kelamin, pengalaman, keterampilan, dan pelatihan.
Tahap penyusunan kompetensi :
Kompetensi adalah
aspek-aspek personal dari karyawan yang membuatnya mencapai kinerja yang
terbaik (Loma,1998)
- Identifikasi tujuan dari model kompetensi.
- Mendesain suatu rencana untuk membangun model kompetensi.
- Mengumpulkan data untuk identifikasi kompetensi.
- Analisa data dan rangkuman hasil.
- Diskusi dan model kompetensi akhir.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar